Selamat Datang Ramadhan -Allhamdulillah sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci ramadhan bulan yang penuh hikmah dan barokah .

Ramadhan adalah sebuah kata yang terbentuk dari lima huruf, dan setiap hurufnya memiliki makna tertentu yaitu Ra : Rahmat ( Rahmat Allah ) , Mim : Maghfirah ( Ampunan Allah ) , Dhod : Dhommanun li al jannah (  Jaminan untuk menggapai syurga ) Alif : Ammanun min an nar ( Terhindar dari neraka ) Nun : Nurullahi al azizi al hakim al Ghofuuri ar Rahiim ( Cahaya dari Allah SWT yang maha kuasa dan bijaksana , maha pengampun dan pengasih ) . 

Kalau kita maknai kata yang terkandung dalam kata ramadhan tersebut kita akan semakin meyakini bahwa datangnya bulan ramadhan adalah membawa sebuah keberkahan dari Allah SWT untuk hambanya. Hal ini Sesuai sabda Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya , Artinya : dari Abi Hurairoh RA , bahwasanya Nabi Muhammad SAW berkata dalam saat ramadhan telah tiba : telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah , pada bulan tersebut engkau diwajibkan berpuasa dan dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka dan syetan-syetan dibelenggu , dalam bulan tersebut ada satu malam yang lebih baik dari seribu malam , barang siapa yang tidak mampu mendapatkan kebaikan bulan ramadhan tersebut maka haramlah baginya surga . Riwayat Ahmad , An Nasa'i , dan Baihaqi. 

Dari hadits di atas terdapat kaitan yang sangat erat dengan bulan Ramadhan itu sendiri, rahmat dan magfirah adalah dua sisi yang sangat erat bagaikan dua sisi pada uang logam yang tak terpisahkan, disaat Allah SWT menurunkan rahmat-Nya maka maghfirah-Nyapun turun mengiringi, demikian juga sebaliknya. Ketika rahmat Allah SWT yang diiringi oleh maghfirah-Nya ini telah mengalir maka jaminan mendapatkan surga dan terhindar dari neraka telah menanti.

Jadi kesimpulannya , ramadhan adalah bulan yang penuh kebaikan tuhan pada hambanya dan sarat akan makna yang kesemuanya bermuara pada kemenangan , yaitu menang atas hawa nafsu , egositas , keserakahan dan ketidakjujuran.
"Semoga kita, Insyallah diberikan umur yang panjang , kekuatan dan semangat dalam menjalani ibadah dibulan yang suci ini "