Share kita kali ini tentang web atau blog yang mendapatkan Google Sitelink , biarpun bahasan ini terkesan basi atau hambar tapi saya fikir tidak ada salahnya kita share kembali. Tapi sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan tentang Google Sitelink mungkin secara definisi Google Sitelink bisa diartikan merupakan link-link khusus yang bersifat dinamis dalam suatu web/blog tersebut. Tidak semua web/blog mendapatkan sitelink dari google, karena untuk mendapatkan sitelink bukanlah hal yang mudah , perlu ketekunan , kesabaran dan optimasi yang tinggi . Biasanya web/blog yang menempati urutan pertama dan dianggap baik oleh google yang akan mendapatkan sitelink .Seperti yang ditegaskan google mengenai sitelink

We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them. (GoogleWebmaster Supports).
Kami hanya menampilkan tautan situs untuk hasil pencarian jika kami pikir mereka (tautan situs) akan berguna bagi para pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengijinkan algoritma kami menemukan tautan situs yang baik, atau kami pikir bahwa tautan situs untuk situs Anda tidak relevan dengan query pengguna, maka kami tidak akan menampilkannya.

Kalau kita perhatikan deretan link yang terdapat pada sitelink blog Originally Blog Contest biasanya link tersebut mempunyai posisi bagus pada SERP . Dan posisi deretan link tersebut akan terus berubah-ubah mengikuti perkembangan dan inovasi di blog sobat.
Lalu muncul pertanyaan pentingkah Google Sitelink ? mengenai penting tidaknya web/blog kita mendapatkan sitelink itu tergantung dari sisi mana sobat melihatnya , kalau kita lihat dari sisi prestise web/blog yang mempunyai sitelink lebih terlihat elegan dan profesional.
Dari keterangan diatas tentunya sobat sudah bisa menyimpulkan penting tidaknya google sitelink dan bagaimanakah cara mendapatkan google sitelink ?
Untuk mendapatkan Google Sitelink memang gampang-gampang mudah seperti yang saya katakan diatas tadi, sobat perlu ketekunan , optimasi tinggi dan kesabaran tentunya.
Bagi sobat newbie seperti saya yang ingin mendapatkan sitelink tidak ada salahnya untuk mencoba tips ini
  • Masuk keberanda Webmaster
  • Pilih Konfigurasi / Configuration
  • Pilih Taut Situs / Sitelink
  • Kolom pertama biarkan kosong tanpa di isi
  • Kolom kedua isi demosikan URL tautan situs
  • Klik Demosikan
Selanjutnya sobat tinggal tunggu Mbah Google merayapi URL yang di demosikan tadi.
Catatan : Google merayapi secara otomatis dan acak, tidak bisa dipastikan kapan web/blog sobat mendapatkan sitelink bisa 1 hari , 1 minggu bahkan bisa 1 tahun. sekali lagi BERSABARLAH hehe