Spam
Spam atau yang biasa disebut junk mail, adalah email yang tidak diinginkan oleh pengguna fasilitas komputer dalam bentuk surat elektronik ( email ) Instant Messaging , usenet , news group , blog , Dll. Kenapa spam tidak di inginkan pengguna komputer karena spam biasanya berisi iklan dari perusahaan yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Biasanya spam akan dirasa mengganggu apabila jumlah email atau lainnya dikirim dalam jumlah banyak.


Web atau Blog Spam
Dapat diartikan sebagai sampah ,  Hahhhhhh sampah ( gak gitu juga kali hehe ) kenapa dikatakan sampah , karena umumnya bagi web atau blog dengan predikat spam dia  memberikan komentar asal-asalan atau keluar dari topik sebuah konten , konten yang terkomentarinya tentu tidak menginginkan itu . Tapi saya fikir bukan itu saja tentang web atau blog spam, diantaranya :

Penumpukan Kata Kunci 
Metode spam yang paling tua di dunia internet , maksudnya penumpukan kata kunci yaitu menaruh kata kunci terlalu banyak dalam satu halaman . Jika sobat menaruh kata kunci dua atau tiga kali , maka grafik untuk kata itu akan menanjak drastis, tapi lebih dari itu grafiknya akan mendatar , dan jika terus menambahkan kata kunci maka grafiknya akan mulai turun.

Isi Konten Berkualitas Rendah
Beberapa waktu yang lalu Google belum mampu menentukan standar dari suatu halaman yang tidak berkualitas. Tapi sejak di luncurkannya Google Panda pada Februari 2011 , google sudah dapat mendeteksi halaman web dengan kualitas rendah . Halaman dengan kualitas rendah , bisa dikatakan berisi artikel yang sangat pendek atau asal jadi.

Teks Tersembunyi 
Tehnik ini agar tidak mengganggu visitor , maka warnanya disamarkan dengan warna backround , tapi tanpa disadari kalau itu semua tidak berlaku bagi robot google.

Link Spam 
Menaruh link di websaite atau forum dengan berlebihan dapat mengurangi kenyamanan dari halaman website lain. Tehnik ini masuk dalam kategori black hat .

Cloacking Atau Samaran
Tehnik dengan pelanggaran paling berat , dengan Tehnik ini membuat search engine menampilkan hasil yang berbeda dengan yang dilihat pengunjung , untuk tehnik ini Google pun tidak mentolelirnya , hukuman yang diberikan pun cukup parah yaitu mem-banned dari indeks mereka .

Link Berbayar 
Paid Link atau link berbayar menjadi alternative bagi beberapa website untuk menaikan posisi artifisial pada ranking website mereka, Tapi ini sangat beresiko karena google sangat tidak menyukainya , beberapa pakar SEO berpendapat kalau paid link termasuk tehnik black hat.

Itu beberapa kriteria web atau blog spam yang saya dapatkan dari beberapa sumber termasuk buku tentang web atau blog spam. Tentu akan muncul pertanyaan bagaimana supaya web atau blog kita tidak dianggap spam ??. Ini merupakan pertanyaan yang sangat menarik .

Cara supaya web atau blog kita tidak dianggap spam oleh google tentunya dengan menghindari kriteria diatas , saya sarankan selalu back to natural karena dengan cara alamilah web atau blog yang sukses selama ini dibangun.

Oke sob mudah-mudahan tips kali ini bermanfaat.