Gambar-Jingle
Apakah sobat tahu apa itu Jingle ?
Nah bagi sobat yang tidak berkecimpung di bidang ini akan sedikit bingung tentang definisi sebenarnya dari jingle . Untuk itu saya akan mencoba menjelaskan sedikit mengenai jingle. Jingle adalah suatu gambaran dari sebuah iklan yang direalisasikan melalui musik. Dalam suatu jingle harus terdapat makna atau pesan-pesan yang terkait dengan apa yang ingin disampaikan atau dipromosikan.

Tapi terkadang banyak orang yang menganggap remeh akan manfaat dari sebuah jingle , yang ternyata secara tidak sadar bagus atau tidaknya suatu jingle akan berpengaruh terhadap minat seseorang terhadap produk atau suatu acara . Tapi disisi lain tidak sedikit pula oarng yang memanfaatkan jingle untuk mempromosikan sebuah produknya dan mereka akan berusaha membuat jingle se-kreatif mungkin untuk bisa menarik perhatian. 

Tips dalam membuat Jingle
  • Yang pertama , sobat harus menentukan tema musik terlebih dahulu dan diusahakan cocok dengan produk yang ingin dipromosikan. 
  • Yang kedua , buatlah lirik yang berkaitan dengan apa yang ingin ditampilkan dan diusahakan lirik dibuat dengan kata-kata yang simple dan mudah dicerna
  • Yang ketiga , buatlah musik yang Simple dan Easy Listening untuk membuat pendengar merasa nyaman dengan musik tersebut
  • Yang kelima , dalam pembuatan jingle tentu kita membutuhkan software yang mudah digunakan , untuk ini saya sarankan gunakanlah Cool Edit Pro 2.0 , Karena tool dalam CEP 2.0 sangat komplit untuk editing audio.
Jingle begitu akrab buat saya , karena pekerjaan saya selaku Program dan MD pada salah satu radio swasta di cianjur , mau tidak mau harus di tuntut membuat jingle se-kretaif mungkin , baik itu buat jingle acara  atau jingle produk. Dibawah ini beberapa contoh jingle yang saya buat untuk ID acara.


NB : Jingle Heurey Badeur , merupakan jingle acara yang bertema / filosofi sunda dengan lawakan khas    sunda .
Oks... Mudah-mudahan sobat bisa lebih kreatif dalam membuat jingle.